Rabu, 10 Desember 2008

ISO 100 Membuat Dynamic Range Menjadi Sangat Lebar

Kamera Prosumer dan DSLR Prosumer di ISO 100 sepintas bersih dan sama hasilnya. dengan ISO 100 DSLR kebanyakan orang berfikir tidak mungkin, Pasti ada kelebihannya, tapi waktu itu belum ketemu metode untuk membuktikannya. Kebanyakan orang yang memakai DSLR memakai iso 400-800 terus, karena beranggapan masih bersih noisenya. Memang ,Sepintas sih iso 400-800 canon bersih


,Ga akan terlihat noisenya Apalagi kalo abis foto langsung dicetak sih iso 400 ga masalah tapi sesungguhnya dynamic range iso 100 sangat lebar. Cara mentesnya ambil foto dalam keadaan under exposure pas 3 stop seperti berikut :


gambar menjadi gelap, Kemudian diangkat shadownya

Ini iso 400 dan 800 ,Dari kamera DSLR ,Hasil nya masih lumayan sih, Hanya iso 800 tidak terpakai, tapi untuk prosumer, iso 200 saja sudah drop :



gambar iso 400 dan 800 dari kamera DSLR

Ini hasil iso 100. Lihat iso 100 dipush +3 Stop masih lumayan, Apalagi bila memakai RAW, detail yg tadinya gelap (tidak kelihatan) bisa terlihat jelas.




gambar iso 100 dipush +3


Percobaan untuk mengetahui tingkat noise olympus 5060, ternyata secara tidak sengaja kelihatan DR di iso tinggi drop. Dengan exposure yang sama (bila iso naik satu tingkat, naikanlah shutter speed satu tingkat) Agar Exposure valuenya sama, Ternyata di iso tinggi, Detail dibagian highlights lebih mudah burn out , detail yg tadinya di iso 100 terlihat jadi hilang.

Jadi bagi pemakai prosumer, Jika anda ingin mendapatkan DR lebar, Maka selain memakai iso rendah, Memakai RAW membuat DR prosumer meningkat drastis. Peningkatannya terasa sekali bila memakai RAW



Jadi iso 100 DSLR itu DR nya lebar, Jadi jika anda ingin mengoptimalkan seluruh kemampuan kamera anda, Maka gunakan iso rendah bila memungkinkan, jangan pernah beranggapan. Iso 400 kamera lebih bersih, Memang benar, Tapi ini ibarat make up saja, Sepintas bersih, Tapi bila kena air luntur make up nya (noise nya tampak).

Sebisa mungkin pakailah iso 100, Tapi jika tidak menguasai editing atau buta sama sekali, Maka memakai RAW pun tidak ada gunanya, Tidak akan ada bedanya, Jadi memang harus menguasai dasarnya dulu agar bisa mengoptimalkan kamera. ( Artikel ini dikutip dari fotografer.net http://www.fotografer.net/isi/forum/topik.php?id=312494 )

Nama : Windra Ie

Nim : 23060125




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar