Kamis, 11 Desember 2008

Testing dan Impelementasi PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk

Kemajuan teknologi di Indonesia sudah sangat meningkat akhir2 ini. Jadi jangan salah bila sudah banyak pihak yang menggunakan kemajuan teknologi ini salah satunya adalah TELKOM atau yang biasa disebut PT Telekomunikasi Indonesia yang berjalan di bidang komunikasi di Indonesia. Tak hanya telepon atau komunikasi biasa yang mereka pasarkan tapi sekarang juga sudah berbasis internet.

Disini proses testing dimulai dengan pengujian yang mempunyai dari iunit tresting dan modul testing yang fungsinya untuk masuk ke dalam testing integrasi. Dan dalam tahap akhirnya nanti mereka menggunakan proses user testing yang intinya untukmelakukan uji tes terakhir apakah sudah siap digunakan atau belum sesuai permintaan.

Di Telkom hardware yang dibutuhkan adalah Server yang berhubungan langsung dengan dalam proses ETL(Extract, Transform and Load) kemudian juga ada PC Client yang merupakan personal computer yang trdiri dari konfigurasi seperti :

a.Pentium III (min)

b.Smart Term (Terminal Emulator)

c.Oracle Form Runtime

d.Oracle Report Runtime

e.Oracle ODBC

f.Microsoft Internet Explorer 5.0

Sekilas diatas personal computer yang didunakan sangat minimalisasi sekali dengan Pentium III dan IE yang hanya versi 5 mungki hal ini sudah ketinggalan jaman tapi mereka bisa melakukan testing dengan cara “perlengkapan” itu.

Kemudian untuk tes strategi mereka melakukan banyak hal seperti menyajikan melakukan pendekatan dan pastinya uji coba target yangsudah ditetapkan sebelumnya, memberikan deskripsi atas tes yang mereka lakukan serta implementasi dan eksekusinya kemudian mereka juga memberikan perhatian utama pada tes strategi dimana mereka memperhatika teknik yang digunakan dan buat mereka kapan uji strategi ini akan selesai. Jangan lupa mereka juga mempunyai gambaran tentang Tes plan, design tes, Implementasi tes, Execute tes yang dalam testing sangat diperlukan dan diperhatikan

Jadi intinya mereka menggunakan sistem implementasi Black Box Testing dimana mereka lebih mendekatkan pengujian yang dianggap sebagai kotak hitam, dan program test case mereka yang bersifat spesifikasi dan pastinya rencana tes atau biasa yang disebut Test planning mereka berada di awal pengembangan system.


source :

http://parno.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7808/Tugas_Testing_Implementasi_Makalah_Telkom.doc


Yonathan A.W 23060122


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar